Berita

Berita Pendidikan Nasional

(0 pemilihan)

Kegiatan pembiasaan makan buah

IMG 20230121 WA0007

Assalamu'alaikum wr wb
Kegiatan rutin di SDN 28 Payakumbuh setiap hari Sabtu Makan Buah. Kamu Harus Tahu Kapan Waktu Yang Baik Untuk Makan Buah.
Buah sebaiknya wajib masuk pada menu harian mu. Orang dewasa dianjurkan untuk mengkonsumsi buah sebanyak 400-600 gram setiap harinya. Tapi, kapan waktu yang baik untuk makan buah supaya bisa memenuhinya?

Beberapa buah mempunyai kandungan karbohidrat seperti fruktosa. Mulai dari gigitan pertama, mulut bisa menghasilkan enzim yang bisa memecah karbohidrat menjadi zat yang sangat mudah dicerna.

Kerja dari enzim pemecah karbohidrat berhenti saat buah yang sudah kamu kunyah masuk ke dalam lambung yang memiliki kadar asam. Proses pemecahan karbohidrat bisa berlangsung lagi pada usus halus sampai menghasilkan glukosa yang sangat mudah diserap tubuh.

Fruktosa yang ada di dalam buah ternyata merupakan karbohidrat sederhana layaknya glukosa. Tetapi, tidak berarti tubuh dapat mencerna buah dengan lebih cepat daripada makanan lain. Karena masih terdapat serat buah yang dapat menghambat proses pencernaan.

Lalu, kapan waktu yang baik untuk makan buah-buahan? Jawabannya adalah kapan saja. Kamu mungkin terbiasa mengonsumsi buah pada sarapan atau makan malam saja. Hal tersebut sah-sah saja dengan catatan tetap bisa memenuhi kebutuhan asupan buah harian.
Waktu yang Tidak Tepat Mengkonsumsi Buah
Apabila melihat bagaimana proses pencernaan terhadap buah, terdapat sejumlah kondisi yang bisa jadi pertimbangan kamu sebelum mengkonsumsi buah-buahan. Di bawah ini diantaranya:

1. Sebelum berolahraga
Mungkin kamu ingin mengkonsumsi lebih banyak buah atau sayur khususnya bila sedang menjalani program diet sehat dan olahraga. Namun, baiknya Anda tidak memakan buah yang kaya akan serat bila ingin berolahraga.

Tubuh memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencerna serat pada buah. Apabila kamu berolahraga pada keadaan perut yang terisi penuh dengan serat, hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Sehingga, berikan jeda selama 2-3 jam sebelum kamu berolahraga.

2. Sebelum tidur
Jam-jam sebelum tidur tidaklah menjadi waktu yang tepat untuk kamu mengkonsumsi apapun, termasuk juga buah. Kandungan gula yang ada di dalam buah bisa menyebabkan gula darah meningkat. Sebagai respon akan hal tersebut, pankreas lalu melepaskan insulin guna menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh kamu.

Melonjaknya produksi insulin bisa menurunkan jumlah melatonin yaitu hormon yang mempunyai peran pada siklus tidur. Jika Anda ingin mengkonsumsi buah sebelum waktunya tidur, berikan jeda selama 3 jam agar tubuh dapat beristirahat secara optimal.

3. Ketika diare
Memang buah-buahan dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bila Anda sedang dalam kondisi sehat, namun mungkin Anda harus menghindari hal ini saat sedang terkena penyakit diare.

Pada beberapa kondisi, asupan buah secara berlebihan justru dapat memperparah keluhan yang Anda alami saat diare. Terlebih jika Anda mengonsumsi buah yang tinggi gula dan rendah serat yang bisa meningkatkan frekuensi untuk buang air besar.
Semoga bermanfaat ya buat saudara- saudari saya semuanya.
Assalamu'alaikum wr wb

#SDN28PAYAKUMBUH
#MENUJUSEKOLAHBAHAGIA
#CERDASBERKARKTER

Baca 106 kali
SDN 28 Payakumbuh

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

Pengunjung

180332
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
111
178288
4664
180332

Your IP: 3.147.43.234
2024-07-03 09:21

Please publish modules in offcanvas position.