Berita

Berita Pendidikan Nasional

(0 pemilihan)

Hari Kebangkitan Nasional Pilihan

Assalamualaikum wr. wb

Jika kamu ingin membuat mimpimu jadi kenyataan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bangun

 

Kegiatan kita pagi ini 20 Mei 2024 diawali dengan Upacara bendera memperingati hari " Kebangkitan Nasional " . Hari Kebangkitan Nasional ternyata merupakan hari yang bersejarah untuk mengenang kembali bangkitnya bangsa Indonesia dan upaya mencapai kemerdekaan. Tanpa jasa para tokoh yang berjuang melawan kolonialisme kala itu, rakyat Indonesia mungkin tidak akan merdeka seperti sekarang. Untuk memperkuat rasa kebangsaan dan solidaritas di antara warga negara, sudah selayaknya kita semua menghormati dan memperingati Harkitnas. 

Harkitnas1

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

 

Latar belakang kebangkitan nasional berawal dari situasi politik sosial yang ada di Hindia Belanda pada zaman dahulu. Sejak 17 September 1901, pemerintahan Belanda menerapkan politik etis di Indonesia.

 

Penerapan politik etis ini terjadi karena kebijakan tanam paksa yang dikeluarkan oleh Johannes van den Bosch, Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada 1901. Kebijakan ini dibuat untuk mengisi kembali kas Belanda yang habis setelah Perang Diponegoro (1825-1830) dan Revolusi Belgia (1830).

 

Para petani Indonesia dipaksa untuk menanam tanaman yang memiliki komoditas ekspor tinggi, seperti teh, tembakau, kopi, dan tebu.

 

Petani diwajibkan menggunakan seperlima tanahnya untuk menanam tanaman tersebut. Jika hal itu tidak dilakukan, mereka diwajibkan untuk bekerja di perkebunan pemerintahan selama 66 hari.

 

Salah satu organisasi yang muncul adalah Budi Utomo (BU) yang digagas oleh Dr. Wahidin Soedirohoesodo. Dirinya membuat BU untuk membantu membiayai pendidikan para pemuda Indonesia yang pandai, tetapi memiliki halangan biaya.

 

Pada 1907, Dr. Wahidin Soedirohoesodo berkeliling Jawa untuk mewujudkan gagasannya. Beruntungnya, gagasan tersebut mendapatkan tanggapan positif dari para siswa STOVIA.

 

Siswa STOVIA dan Dr. Wahidin Soedirohoesodo kemudian mengadakan pertemuan untuk mendirikan BU. Pertemuan ini berlangsung pada 20 Mei 1908. Dari hasil pertemuan tersebut, Budi Utomo didirikan dengan Soetomo sebagai ketuanya.

 

Karena tidak mengambil jalur radikal dan politik untuk memperjuangkan kepentingan bangsa, Budi Utomo diperbolehkan untuk berdiri oleh pemerintah Belanda.

 

Penerapan politik etis ini kemudian memunculkan kesadaran di benak rakyat Indonesia yang terpelajar untuk memulai berbangsa dan bernegara. Hal ini membuat organisasi pergerakan berbentuk kooperatif dan radikal mulai bermunculan.

 

Besarnya pengaruh Budi Utomo pada Indonesia membuat pemerintahan Indonesia mengakui pengaruh organisasi ini. Peran penting dari BU pun menjadi dasar bagi pemerintah untuk melahirkan Hari Kebangkitan Nasional.

 

Penetapan Hari Kebangkitan Nasional pun ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 1 Tahun 1985 tentang Penyelenggaraan Hari Kebangkitan Nasional.

 

Dalam Keppres tersebut, pemerintah menginginkan Harkitnas dirayakan setiap 20 Mei untuk menanamkan kesadaran masyarakat akan nilai sejarah perjuangan bangsa.

 

Dengan memperingati dan merayakan hari tersebut, rakyat Indonesia diharapkan dapat memiliki kepribadian yang lebih kuat, harga diri yang lebih tebal, rasa kebanggaan nasional, dan jiwa persatuan serta kesatuan yang kokoh.

 

Tujuan upacara bendera ialah menumbuhkan rasa nasionalisme anak bangsa. Nasionalisme merupakan jiwa bangsa Indonesia yang harus melekat selama negara ini masih berdiri.

Upacara yang dilaksanakan ini tentu saja merupakan kegiatan yang bermanfaat. Mengikuti upacara bendera dapat memberi manfaat yang baik dalam membentuk karakter seseorang. Kegiatan ini bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan para siswa dan rasa tanggung jawab bersama. 

 

Pembina upacara hari ini salah seorang guru kita Ibu Lasniati Ati , S. Pd isi amanat hari ini tentang kedisiplinan dan tambahan dari Ibu Kepala Sekolah Kita Ibu Hj. Wisma Diandra, M. Pd tentang hari kebangkitan. 

 

❤Kepala Sekolah ❤

Ibu Hj. Wisma Diandra, M. Pd

 

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan lancar. 

 

#SDN28Payakumbuh

#Sekolahbahagia

#Cerdasberkarakter

#Mandiri

#Kreatif

#Upacarabendera

#Sekolahpenggerak

#Harikebangkitan

Baca 13 kali
SDN 28 Payakumbuh

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

Selengkapnya di dalam kategori ini: « Coding Kunjungan dari Polresta Payakumbuh »

Pengunjung

180000
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
58
178288
4664
180000

Your IP: 3.147.68.200
2024-07-01 09:55

Please publish modules in offcanvas position.