Berita

Berita Pendidikan Nasional

(0 pemilihan)

Tari Pasambahan Pilihan

Assallammualaikum Wr. Wb

Bismillahirrahmanirrahim

Carilah pada apa yang telah dianugerahkan kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi. 

 

Alhamdulillah hari ini Kamis, 22 Februari 2024 ,Ibu Kepala Sekolah Ibu Hj. Wisma Diandra ,M.Pd Mendampingi Pelaksanaan Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di kelas IV. A Yaitu " Tari Pasambahan". 

 

P5 adalah kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi. Jadi Tema P5 untuk kelas IV. A sekarang yaitu Tari Pasambahan 

 

Tari Pasambahan adalah salah satu seni tari tradisonal Minangkabau yang berkembang di berbagai daerah di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Tarian ini ditampilkan dalam acara penyambutan tamu yang dimaksudkan sebagai ucapan selamat datang dan ungkapan rasa hormat kepada tamu kehormatan yang baru saja sampai. Namun saat ini, tari pasambahan ditampilkan tidak hanya dalam acara penyambutan tamu, tetapi juga dalam seni pementasan dan pertunjukan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat banyak.

 

Tari pasambahan ditampilkan saat kedatangan tamu yang datang dari jauh, atau saat kedatangan pengantin pria ke rumah pengantin wanita. Tamu yang datang kemudian dipayungi dengan payung kebesaran sebagai penghormatan terhadap tetamu yang datang.

 

Setelah tari pasambahan ditampilkan, kemudian acara dilanjutkan dengan suguhan daun sirih dalam carano kepada sang tamu.

 

~ Kepala Sekolah ~

Ibu Hj. Wisma Diandra, M. Pd 

 

#SDN28PAYAKUMBUH

#SEKOLAHBAHAGIA

#CERDASBERKARAKTER

#P5

#SEKOLAHPENGGERAK

#MANDIRIP5

#KREATIF

#DISDIK

Baca 24 kali Terakhir diubah pada Selasa, 19 Maret 2024 03:47
SDN 28 Payakumbuh

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

Selengkapnya di dalam kategori ini: « Ujian Praktek Mari Biasakan Memakan Buah »

Pengunjung

180415
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
194
178288
4664
180415

Your IP: 18.225.254.219
2024-07-03 10:11

Please publish modules in offcanvas position.