Berita

Berita Pendidikan Nasional

(0 pemilihan)

Isra' Mi'raj Pilihan

Assalamu'alaikum wr wb

Hari yang penuh berkah karena pahala berlipat bagi yang beribadah. Apalagi, jika diiringi dengan dzikir dan sedekah. Semoga kita semua menjadi umat Muslim yang istiqomah. 

 

Kegiatan Kita hari Rabu, 7 Februari 2024 yaitu MEMPERINGATI ISRA MI'RAJ. Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Sri Monica Putri ,S.Pd sebagai Protokol dan kata Sambutan dari Ibu Hj. Wisma Diandra, M. Pd dan diwakilkan oleh Bapak Munardi,S.Pd dan Pemberi Ceramah Bapak Jefri Saputra, S. Pd. I 

 

?Isra Miraj adalah salah satu peristiwa penting dalam ajaran Islam. Lewat kejadian itu, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian dinaikkan ke langit ketujuh dalam waktu semalam.

Untuk perjalanan sejauh itu dan di zaman yang belum secanggih sekarang, tentu sangat sulit diterima oleh akal bagaimana Rasulullah bisa menyelesaikan perjalanan itu dalam waktu yang singkat. Namun, peristiwa Isra Miraj tersebut menjadi mukjizat Nabi SAW dan setiap muslim wajib memercayainya.

 

?Dalam bahasa Arab, Isra Miraj biasanya ditulis sebagai al-'Isra' wal-Mi'raj (الإسراء والمعراج). Istilah ini terdiri atas dua kata, yaitu isra' dan mi'raj. Keduanya sendiri memiliki arti yang berbeda.

 

?Kata isra' berasal dari kata sara yang artinya 'perjalanan malam'. Sementara itu, mi'raj dalam bahasa Arab berarti 'kendaraan', 'alat untuk naik', ataupun 'tangga'. Bentuk jamaknya adalah ma'arij yang berarti 'tempat-tempat naik'.

Ayat Al-Qur'an tentang Peristiwa Isra Miraj

Sulit diterima akal sehat. Namun nyatanya, diberangkatkannya Rasulullah dari Makkah ke Palestina, kemudian berlanjut ke Sidratul Muntaha telah dibenarkan dalam sejumlah ayat Al-Qur'an.

 

Adapun peristiwa Isra Miraj terdapat dalam Surah Al-Isra' dan An-Najm. 

 

?Hikmah dari Peristiwa Isra Miraj

Meskipun peristiwa Isra Miraj adalah sebuah pengalaman khusus bagi Nabi SAW, terdapat sejumlah hikmah yang dapat dipetik darinya bagi kita umat Islam. Adapun hikmah peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

 

?Mengetahui bahwa perintah salat lima waktu merupakan sebuah ibadah besar bagi umat Islam.

?Mengetahui betapa besarnya rahmat Allah SWT dan kasih sayang Rasulullah kepada umatnya sehingga salat 50 waktu berkurang menjadi lima waktu saja.

?Menumbuhkan keyakinan betapa Maha Kuasa dan Maha Berkehendak Allah SWT atas segala sesuatu.

?Mengetahui tanda-tanda kebesaran Allah SWT melalui perjalanan Nabi yang hanya dikerjakan selama satu malam.

?Mengetahui bahwa salat merupakan dialog hamba dengan Rabbnya, sama seperti ketika Rasulullah bertemu dengan Allah SWT saat Isra Miraj. 

 

Tiada hari seindah Jumat. Tiada kata selain zikir. Dan tiada ibadah selain salat.

 

#SDN28PAYAKUMBUH

#Sekolahbahagia

#Cerdasberkarakter

#Sekolahpenggerak

#Mandiri

#Kreatif

#Isramiraj

Satu

Baca 29 kali
SDN 28 Payakumbuh

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

Selengkapnya di dalam kategori ini: « Kunjungan Perpusnas Rabu Berdiling Kebersihan »

Pengunjung

180375
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
154
178288
4664
180375

Your IP: 18.189.195.35
2024-07-03 09:47

Please publish modules in offcanvas position.